Sensasi Lezat Nikmat a la Pepes Pedas Kepala Ikan Tuna


Pepes tahu, pepes bandeng, pepes ayam, pepes jamur, pepes ikan mas, pepes gurame, semua sudah pernah bikin. Truusss.. pepes apa lagi ya Bunda? Ada yang super lezat di atas semua itu Bun, buat Pepes Pedas Kepala Ikan Tuna.

Wuiiih mantab betul ya Bun pake ikan Tuna. Belum dimasak aja dah kebayang enaknya. Perasaan semua ikan kok bisa dijadikan pepes ya?! Nggak juga sih Bun. Kan belum ada yang nyoba pepes paus sama hiu… Bingung juga ngebayangin bungkus daunnya walau cuma kepalanya yang dipepes… wkwkwkwkwk..

Pada dasarnya semua ikan konsumsi bisa dimasak pepes, hanya perlu perlakuan tertentu sesuai apa yang akan dimasak. Terlebih ikan laut dengan bau amis yang khas dan kuat. Biasanya dibalur dengan air jeruk nipis dan garam yang didiamkan sesaat lalu dicuci dengan air bersih mengalir, tujuannya untuk mengurangi bau amis yang muncul pada masakan.

Begitu juga dengan  Pepes Pedas Kepala Ikan Tuna ini, apabila telah di cuci dengan baik selebihnya hampir sama. Oh iya Bun, untuk ikan laut terutama, akan lebih lezat apabila diberi cabai (utuh pun boleh) karena minyak atsiri bisa membantu menetralkan bau dan rasa amis dari ikan. Untuk Resep Pepes Pedas Kepala Ikan Tuna bisa Bunda tinjau di bawah ini.

Bahan-bahan

2 buah kepala ikan tuna ukuran besar
Cabai rawit utuh atau secukupnya (bisa pakai bisa tidak)
secukupnya Daun salam
2-3 batang serai diiris serong
Tomat diiris tipis (tomat hijau dan merah)
1 buah jeruk lemon diperas (bisa pakai belimbing wuluh)
secukupnya Kemangi

Bumbu Halus :

4 butir bawang merah (ukuran besar)
7 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 sdt ketumbar
2 ruas kunyit
2 ruas jahe
11 buah cabe rawit (tingkat kepedasanya bisa disesuiakan selera)
5 buah cabe merah besar
secukupnya Garam
secukupnya Gula
secukupnya Penyedap rasa

Cara Membuat

1. Semua bahan dicampur termasuk bumbu yang sudah dihaluskan. Ratakan bumbu pada ikan (sampai kebagian dalam). Lalu bungkus sesuai selera.


2. Kukus pepes kira-kira 30 menit atau sampai benar-benar matang. Jika sudah matang pepes siap disajikan dengan nasi hangat.


Nah dari bumbunya yang komplit, bisa Bunda bayangkan aromanya yang nikmat kan? Apalagi rasa ikan tunanya, hmmm… nyam-nyam…amboiiii nikmatnyooo!! Gak usah lagi ngebayangin pepes ikan paus atau hiu deh Bun…,

Pepes Pedas Kepala Ikan Tuna ini sudah Superb kok, lezat tak terkalahkan! Selamat mencoba! Jangan lupa bagikan resep ini kepada rekan, sahabat dan kerabat terkasih yaaa.. semoga bermanfaat!
Sumber

LihatTutupKomentar