Cara Membuat Kue Klepon Ketan Gula Merah


Jajanan Pasar Paling Favorit nih! Klepon Ketan Gula Merah Kenyal no Kapur sirih

Klepon tidak salah.. hari ini kayaknya lagi viral tentang klepon ya..
Kayaknya besok bakal banyak yang bikin klepon atau beli klepon nih..

Klepon..yes,klepon ini adalah jajanan favoritku dari kecil sampe sekarang.Ampir tiap pagi aku maem klepon ini beli di jananan deket rumah,biasa dibungkus mika kecil isinya 4pcs.

Tiba2 lagi kerajinan aja pengen bikin sendiri apalagi keinget mama+adik+anak mbarep suka kleponn,mreka demen sensasi meletusnya gulmer di dalem mulut waktu gigit kleponnya,makanyaa aku pengen bikin sendiri biar bisa puass banyak2in tuh gulmer sejadi2nya..hihihi

dannn uenakkk bangettttt+gurihhhh ………. apalagi airnya aku pake sari pandan aselii.Dalem 1 hari aku maem kurleb 25 biji..*gubrak

Oh ya moms kalo slow respon disini monggo kirim recook ke IG @tintinrayner yaa kissssss*

Bola Ketan
250 gr Tepung ketan aku rosebrand
50 gr Tepung beras aku rosebrand
Secukupnya Air sampe adonan bisa dipulung bulet2 (aku pake air yang diblender daun pandan biar wangi, kebetulan ada sisa)

Isian
Sesuai selera Gula merah disisir sesuai selera aja
Balutan
Kelapa parut kira2 aja aku kukus dulu 20 menitan biar ga gampang basi

Langkah:

Uleni bahan bola2 sampe bisa dipulung,jangan terlalu lembek nanti kleponnya gembos Kalo terlalu kering ntik gampang bocor gulmernya

Isi bagian tengahnya dengan gulmer sisir,lalu bentuk bola2.sisihkan

Rebus air sampe mendidih,masukkan bola2,kalo uda mateng dia mengambang

Gulingkan di kelapa parut. merah itu uda rada asin,jadi ga perlu kasi garem lagi ke parutan kelapanya tar tabrakan. enjoyyyyyy

Hmmm lezatnya,gurih aroma ketan berpadu dengan manis legitnya gula merahhh,1 bola2 ga bakal ckup…pasti nambah terusss hihhii

Puasnya kalo bikin sendiri bisa puas banyak2in gulmernya ^^

Klepon ketan isi gulmer no kapur sirih.ini aja dah kenyall buatku,buat yang mau pake kapur sirih monggo yaa

Biasanya beli di deket rumah @1500 dapet 4 bola. sekarang bikin sendiri sampe kekenyangan,ini kalo pasukan dikit bikin separo resep aja yaa:)

LihatTutupKomentar